Mari Merajut: Hari 1

Hari Sabtu kemarin, tgl 17/10, akhirnya saya maksain diri ke Tobucil. Soalnya udah ditunda-tunda terus sampai 4 bulan sih! Pengen bisa ngerajut, pengen bangeut. Awalnya karena liat program Jelang Siang di Transtv pada bulan April tentang merajut menggunakan tangan, terus nyari kursusnya di Bandung. Pas liat-liat di internet, ternyata dunia perajutan begitu luas dan menarik. Hasilnya manis-manis, lucu aja ngebayangin semua anggota keluarga saya pakein hasil rajutan sendiri. Co cweeet...

Ternyata di Tobucil juga ada kursus merajut (nyesel kenapa ga dari pas jaman kuliah nimbrung kursus-kursusnya). Ada beberapa pilihan tempat kursus sih, tapi yang paling deket dari rumah ya Tobucil itu, dan juga Tobucil setau saya sudah mungkin hampir 6 tahunan buka kursus berbagai macam artwork. Soalnya pas jaman kuliah sempet dapet brosur kursusnya. Tadinya setelah tau tempatnya mau langsung aja kursus, tapi waktu itu udah deket banget sama kawinan saya, mana ada kelasnya cuma Sabtu-Minggu aja, mana udah mulai ga boleh keluar rumah jauh. Sebenernya bisa aja nekat ga peduli dengan pingit surpingitan itu, cuman masalahnya saya juga udah mulai puasa mutih biar pas hari H ga keluar keringet banyak, akhirnya saya lemah lunglai. Terlalu ringkih untuk keluar rumah dan menuntut ilmu (lebay mode on).

Setelah nikah, ada aja gangguan dan godaan yang membuat rencana belajar merajut ditunda kembali.  Undangan kawinan, keperluan lain, suami banyak kerjaan, puasa, lebaran, mudik, ketiduran, kelaparan, ujan, ga ada duit, males... Oh gosh! Tadinya, sabtu kemaren juga bakalan batal karena suami harus ngurusin accu mobilnya yang soak. Cuman saya maksa, anter ke depan perumahan aja, dari sana naek angkot sendirian gak
apa-apa, cuman sekali angkot ini kok. Kalo minggu males keluar, lebih macet sih!. Alasan saya. Suami setuju, sambil ngambil accu yang lagi disetrum di depan perumahan juga.

Akhirnya!
Hanya tiga puluh menit ternyata sudah sampai ke Tobucil. Saya datang tiga puluh menit lebih awal dari jam masuk kelas. It's okay, liat-liat koleksi Tobucil aja dulu. Hey ternyata hey-hey, gurunya, Mba Upi, telat datang. Sekitar jam 14.30 baru nyampe. Mungkin karena acara Bandung Blossom dalam rangka ulang taun Bandung. Atau mungkin karena kecegat Viking dalam rangka menonton bareng Persib vs Persiba yang akan tanding di Gor Siliwangi malamnya. Mungkin Mba Upi harus memintal dulu benang wool-nya. Walahu alam, saya terlalu lapar untuk bertanya. Yang penting sudah datang, hayu atuh kita let's go.

Karena saya mengambil yang perdatang, saya harus membeli peralatannya dulu, jarum dan benang wool.  Mba Upi menyarankan saya membeli jarum kayu 9 mm karena jarum yang biasa (ga tau yang kayak gimana) sudah habis. Karena jarumnya besar, benang wolnya juga harus yang besar. (Bukan karena badan saya yang  besar kan, Mba?)

Ternyata!
Pusing juga euy. Mata harus menyimak jarum dan jemari sang guru. Kemaren baru diajarkan dua bentuk rajutan. Pembuka/awal dan tengah/badan, belum juga sampai ke penutup/akhir, waktu sudah habis.  Nama-nama tersebut saya yang buat, jadi kalau ternyata namanya beda dengan nama standar, wajar...



Dua jam yang begitu cepat berlalu itu pergi meninggalkan saya dan rajutan yang masih pendek. Diteruskan lagi besok, kata Mba Upi. It was so exiting! Walau bulak-balik salah melulu, sempat dibongkar habis, bis, bis dari awal, tapi rasanyanya menyenangkan. Niat untuk jadi ahli merajut terus ada. Harus bisa ah! Biar nanti suami pake sarung tangan motor biar tangannya ga belang. Mamah dibikinin sweater yang anggun. Ibu ta' bikinin pasmina. Teh Yani udah titip bikinin topi rajutan. Buat bayiku, yang saat ini masih dalam proses pembuatan, Ambu bikinin kaos kaki sama topi ya. Mungkin selimut kecilnya juga. Impian...

Gimana dengan hasil rajutan saya? Setelah dua hari, hasilnya masih sama dengan hasil yang saya bawa pulang dari Tobucil. Bukan karna saya ga merajut, tapi justru karna saya merajut. Merajut dengan cara yang salah. Karena saya ga ngerti awal kesalahan ada dimana, saya bongkar lagi dari awal. Mungkin ada 4 balikan saya bongkar-rajut. Sempet kesyel, ga maju-maju. Benang wol jadi lebih melintir dan berbulu. Heuh! Tapi, seperti kata Bob Sadino, kesuksesan itu puncak dari gunung kegagalan. Setiap kesalahan berbuah pengertian dan
pengetahuan. Dapet deh trik-trik biar jadi bener. Trik-trik ini saya dapetin sendiri, sebagai jawaban atas kesalahan sendiri. Jadi Sifatnya personal. Hal-hal yang seperti ini, mungkin ga bisa dikasih tau Mba Upi.

Hal yang menarik dari kelas kemarin: Konvoi Viking menggunakan motor, mini bus, angkot yang lewat depan Tobucil dan hari itu sedang ada liputan Mas Syarif, guru KlabKlasik, yang dimintai Mba Tarlen, pendiri Tobucil, meliput kegiatan yang sedang berlangsung. Sayangnya ga pake kamera, hanya tanya-tanya saja. Ga ada yang bawa kamera selalin yang terfitur di hp, Mas Syarif ketinggalan kameranya sedangkan kamera Mba Upi habis baterai. Ya weiys, no picture...

Hayoh, mulai merajut lagi. Biar Sabtu depan bisa bawa dengan hasil yang signifikan :)

0 komentar:

Posting Komentar